titik-titik

KLAIM

Tuesday, July 14, 2015

Membuat kalender dengan Corel

halo sobat blog semuanya, kali ini saya akan share bagaimana membuat kalender sederhana untuk para pemula menggunakan Corel Draw. pada dasarnya Corel Draw berapapun bisa kayaknya, kalau saya pakai corel draw x4 (kalo corel draw portable kayaknya gak bisa).
Sebenarnya membuat kalender dengan Corel itu mudah gan apa lagi kalender yang kita buat sederhana tidak terlalu banyak pernak-pernik.
oke langsung saja.
1. pertama buka corel sobat, dan setting ukuran kertas sesuka sobat, kalo saya pake A3 sob.
2. tahap berikutnya kita mulai mencari format kalender dengan cara klik Tool-marcos-run marcos.
untuk labih jelasnya lihat gambar aja sob.


3. Setelah itu akan muncul visual basic for aplication marcos. dibagian pilihan bawah sobat pilih CalenderWizard (calenderWizard GSM) dan klik Run. untuk lebih jelasnya lihat gambar

4. setelah itu akan muncul oberon Calender Wizard yaitu untukm mengatur bentuk dan jenis kalendernya. gambar
-Untuk gambar di atas yang saya kasih nomer 1 adalah untuk memilih tahun yang akan sobat buat, dan memilih berapa banyak bulan yang akan ditampilkan.
- Nomer 2 adalah untuk mengatur bahasa kalender ( bahasa kalender dapat diubah sesuka kita, misalkan kita mau menggunakan bahasa Indonesia maka kita harus menyetel bahasa terlebih dahulu, caranya mudah kok hanya mennganti nama bulan dan hari yang tadinya bahasa Inggris jadi bahasa Indonesia), dan untuk mengatur hari libur. jadi sobat bisa tentukan hari liburnya sesuka sobat.
- Nomer 3 adalah untuk mengatur jenis Font, ukuran font, warna font(warna hari libur dan warna hari bukan libur), serta untuk pengaturan ukuran kertas.
- Nomer 4 adalah Expand yang berfungsi untuk mereview hasil pengaturan yang sudah kita buat sebelum kita masukan ke lembar kerja.

setelah sobat sudah selesai menyeting kalendernya, tinggal yang terahir adalah klik Generate yaitu untuk memasukan kalender yang sudah diseting ke lembar kerja utama. jika anda ingin menambahkan backgroun itu juga bisa, tinggal sesuka sobat aja mau dikasih backgroun apa.
Contoh kalender Paling sederhana yang saya buat

sekian tutorial membuat kalender yang sangat sederhana ini dan perlu diingat ini saya share untuk pemula, yang sudah master kasih masukan aja oke. terimakasih sudah berkunjung.


0 komentar:

Post a Comment

tes

Contact Form

Name

Email *

Message *

About Our Blog

Blog ini bertujuan untuk memberikan info apa saja yang berhubungan dengan komputer